Cara Menjadikan Smartphone Sebagai Webcam PC/Laptop



Post ini sebenernya dikhususkan buat postingan : Jadi Youtuber Modal Pas-pasan.
Dan kedepannya akan di update dengan gambar supaya lebih mudah dipahami.

Buat ngubah smartphone jadi webcam PC/Laptop itu sebenernya gampang banget kok. Ada 2 software yang bakal kita pake disini, kalian bisa pilih salaha satunya kok.

I. IP Webcam
IP Webcam Playstore. (Android)
IP Webcam App Store. (iPhone)

Untuk penggunaanya sendiri cukup mudah, kalian tinggal install dan buka aplikasinya di smartphone kalian. Lalu sambungkan android dan PC/Laptop kalian di jaringan LAN yang sama. (Simpelnya buat hotspot di laptop kalian dan sambungin android kalian ke jaringan hotspot laptopnya). Selanjutnya kalian bisa atur kualitas streamnya atau bisa langsung klik start server di bagian bawah. Sekarang bakal muncul gambar kamera kalian dan lihat dibagian bawah smartphone kalian ada alamat web yang berupa angka (Local IP Address). Ketik alamat tersebut di browser laptop kalian dan akan muncul gambar stream dari smartphone kalian. Untuk mengurangi lag bisa pilih render modenya Flash player.

II. Droidcam (Rekomendasi).
Droidcam Playstore. (Android)
Droidcam Client (Install di PC sebagai Server)

Droidcam support 2 metode streamnya. Bisa lewat kabel USB dan Wifi (LAN).

Untuk konek lewat USB : Buka Droidcam di smartphone kalian, terserah mau kalian atur kualitas streamnya atau ngga. Selanjutnya buka Droidcam client yang udah terpasang di PC/Laptop kalian dan pilih metode koneksi melalui USB (Yang ada logo USB di bagian tengah). Pastikan port di PC dan laptop sama, defaultnya biasanya 4747. Lanjut tinggal tekan Start. Tambahan, kalo koneksi gagal pastiin laptop kalian udah terpasang USB Driver buat smartphone kalian.

Via Wifi (LAN) : Sambungkan smartphone dan PC/Laptop di jaringan LAN yang sama. Mudahnya kalian bisa buat hotspot di laptop kalian. Caranya : Buka Command prompt (Klik start > ketik cmd > Klik kanan > Run as administrator). Selanjutnya ketik "netsh wlan start hostednetwork" tanpa tanda petik. Dan hidupkan wifi di smartphone kalian selanjutnya sambungkan. Next tinggal buka Droidcam client di PC/Laptop kalian dan pilih yang "Connect over Wifi (LAN)" (Sebelah kiri) > Klik start.

Selanjutnya tinggal atur camera source di software webcam kalian jadi "Droidcam source" atau bisa tes langsung webcamnya secara online disini.

Dah tuh ane mau makan dulu, see you on the next post! ^^

Related Post

Previous
Next Post »

1 komentar:

Tulis komentar