Jadi Youtube Gamer Modal Pas-pasan.



Pengen jadi youtuber? tapi ga punya uang buat beli HD Cam / Microphone mahal kaya pewdiepie?
Ga harus punya kamera mahal buat jadi youtuber pemula, hal terpenting buat kalian yang mau jadi gamer youtube yaitu kepribadian yang lucu. Ga peduli sebagus apa kualitas rekaman kalian, sebagus apa kualitas suara kalian kalo ga lucu orang ga akan mau lanjut nonton.

Jadi, gimana caranya jadi youtube gamer modal pas pasan?

I. Kamera
"Mau rekam wajah tapi ga punya kamera.." hm.. kalian punya smartphone? kenapa ngga dimanfaatin aja kameranya? caranya gampang banget kok. Kalian bisa konek smartphone kalian pakai 3rd party app supaya smartphone kalian jadi webcam PC/Laptop kalian. Rekomendasiku sih pake IP Cam / Droidcam. Keduanya ada versi Pro nya yang punya fitur lebih banyak.
Note : Untuk tutorial menjadikan smartphone sebagai PC webcam bisa dibaca disini.

II. Microphone
Kalo kalian punya microphone ga kepake yang punya jack 6.35mm (Yang biasa dicolok di DVD/Radio) bisa kalian manfaatin buat rekam suara kalian. Beli aja converter jack 6.35mm ke 3.5mm, harganya ga lebih dari 50 ribu kok. Contohnya kaya gini :
Tapi, gimana kalo yang ga punya microphone kaya itu? Pake aja microphone built in smartphone kamu. Atau pake microphone headphone kalian.
Note: Buat kalian yang mau pakai keduanya (Camera + Microphone) smartphone secara langsung bisa pakai metode screen mirroring. Untuk tutorialnya bisa dibaca disini.

III. Software Edit Video
Adobe Premiere Pro : Rp.193.000/bulan.
Pinnacle Studio 20 : Rp.730.000.
Mahal? Iya :(
Tapi tenang aja, masih ada Windows Movie Maker kok yang gratis. Emang sih ga bisa se"advance" software2 berbayar diatas. Tapi cukup lah buat motong clip atau nambah2 caption. Masih ada kok beberapa yang gratis, kaya Wax,Virtual dub, atau yang paling advance Wondershare Video Editor.

IV. Lainnya.
Hal yang perlu kalian perhatiin supaya rekamannya maksimal yaitu Lightning dan background yang menarik. Jangan record game tapi backgroundnya kamar mandi haha. Pencahayaan yang cukup juga penting, kalo bisa pakai lampu yang ditaro didepan kalian supaya camera bisa nangkep wajah kalian dengan jelas, atau atur brightness layar pc kalian ke full. Dan juga, pastiin dirumah kalian itu ga berisik.

Sekali lagi saya kasih tau untuk jadi youtuber yang disukai banyak orang harus punya kepribadian yang unik dan lucu. Diawal mungkin kalian bakal malu dan canggung ngomong sendiri didepan kamera (Pengalaman) tapi itu wajar. Berhubung admin orangnya pemalu banget, dulu sempet mau rekam gameplay pake facecam aja malunya minta ampun dan ga berani ngomong keras karna takut kedengeran orang. Cuma ngomong gresek gresek aja ga kedenger di video. Akhirnya nyerah saya pengen jadi youtuber wkwkw. Susah sih kalo pemalu tingkat dewa. 

Ohya, kalo mau dibikinin tutorial buat setup OBS buat rekam gameplaynya komen aja, nanti mimin bikinin tutorial setup OBS (Open Broadcaster Software) nya. Kenapa pake OBS buat rekam gameplay? Karna softwarenya gratis dan bisa sekaligus rekam keduanya (gameplay + facecam). Sekalian tutor setup webcam dan microphonenya.

That's it. Semoga bermanfaat dan kalian bisa sukses jadi youtuber, tapi inget. Jangan bikin konten yang ga baik ya, eh.. gapapa kali ya? asal ga pake narkoba. Cheers! ^^

Related Post

Previous
Next Post »