Tutorial Belajar Motor Kopling Manual (Sebagai Pemula)


Halo para pembaca!😄
Di postingan kali ini saya akan bahas cara bawa motor berkopling manual sebagai seorang newbie rider. Saya juga belum lama bisa motor kopling jadi masih fresh ingatannya apa aja yang harus diperhatiin sebagai seorang pemula buat bawa motor tipe beginian. 😄

Di postingan saya sebelumnya yang judulnya : Pengalaman Belajar Motor Kopling itu adalah pertama kalinya saya naikin motor kopling. Dan ternyata setelah beberapa bulan kemudian saya baru sadar kalo banyak hal yang salah dari cara saya belajar motor kopling. Motor sebelumnya yang saya pake itu FU150, tapi kali ini saya pake motor keluaran terbaru All new CBR 150R jadi masih enak buat dipake hehe

Langsung saja. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :
- Kondisi motor
- Tempat yang sepi buat belajar
- Usahakan kondisi jalanan rata
- Dan yang terpenting, gunakan full gear (Helm, Gloves, Jaket, dll)

I. Zona Gesek (Friction Zone).
Ahhh.. ini tuh banyak yang salah paham soal berjalan dari posisi motor diam ke bergerak (Termasuk saya).
Banyak para pengendara motor ngajarin rider baru itu ga detail, ada yang cuma bilang "Gas sama koplingnya dilepas berbarengan" ada juga yang bilang "Gasnya buka lebar supaya motornya ga mati" itu SALAH.
Well, ga sepenuhnya salah sih. Intinya, di transmisi manual itu kopling berguna sebagai pemisah antara putaran mesin dan gear roda belakang. Waktu kita tarik tuas kopling, hubungan mesin dan gear roda belakang akan terpisah dan motor ga akan bergerak. Jadi gimana cara take off yang benar? saya akan usahain jelasin sedetail mungkin.

A. Putar kunci motor ke posisi ON.
B. Pastikan Gear position Netral (Biasanya ditandai sama indikator lampu berhuruf N warna hijau).
C. Tarik penuh tuas kopling (Usahakan pake 4 jari jika tuas keras)
D. Masukkan ke gear/gigi 1. (Urutan gear motor kopling beda dari motor bebek pada umumnya. Urutannya adalah 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6. Jadi untuk masuk gear 1 kalian tekan ke depan/bawah. Gear 2 dan seterusnya kalian tekan ke belakang atau congkel ke atas tuas pengganti gear.)

Okay slow down now.. Tahan dulu koplingnya. Di langkah ini kalian harus fokus dan tenang ga boleh panik, saya tau kok rasanya belajar motor ini deg-degan minta ampun wkwkw
Lepas kopling secara PERLAHAN (Jangan putar gas dulu). Waktu kalian lepas perlahan kalian bakal ngerasain adanya perbedaan di suara mesin motor, biasanya suara mesin bakal lebih lambat dan motor mulai bergerak. Dan ini yang disebut "Friction Zone" atau Zona gesekan antara mesin dan gear roda belakang. Dan disaat itulah kalian tahan posisi kopling (Jangan lepas atau tarik lagi) sampai motor begerak perlahan (Jangan panik! 😂).
Dari sini kalian bisa putar gas perlahan sampai laju motor bertambah, kalau dirasa sudah mulai bergerak cepat kalian bisa lepas kopling secara full. Tapi usahakan jangan sekaligus karna torque motor lebih besar di gear-gear rendah. Kalau kalian lepas secara full kejadian terburuk yang paling sering saya alamin ya motor lompat bahkan stall/mati dan ngunci roda belakang. Bukan sekedar malu yang kalian dapat tapi motorpun cepat rusak nantinya. 😔
Jadi, Tarik Kopling > Masuk gear/gigi 1 > Lepas kopling perlahan > Jika sudah nemu friction zone nya tahan koplingnya > Buka putaran gas perlahan > Lepas penuh kopling.

II. Shifting (Oper gigi)
Kayanya kalo ini mudah ya?
Tiap kali kalian mau pindah gigi entah itu naik atau turun kalian wajib narik tuas kopling sebelum nekan tuas gear di bagian kaki. Kapan aja kita harus tarik tuas kopling? dibahas di bagian selanjutnya 😏

III. Clutch Control (Kontrol Kopling)
Biasanya rider yang baru belajar bakalan secara ga sadar terus-terusan narik tuas kopling setengah atau bahkan inget kalau itu rem belakang di motor matic buat yang biasa bawa matic akhirnya malah ga ke kontrol laju motor 😅
Jadi, kapan aja kita harus tarik tuas kopling?

- Salah satunya yang barusan dibahas di bagian shifting.

- Waktu kita melewati polisi tidur.
Ini penting, jangan lupa tarik tuas kopling waktu kalian mendekati polisi tidur. Tapi kalau kira-kira polisi tidurnya rendah dan bisa dilibas tanpa harus nurunin kecepatan ya ga perlu ditarik juga wkwkw. Ini berlaku buat polisi tidur yang cukup tinggi, yang bikin kita harus pelan-pelan lewatinnya. Waktu posisi kita mulai mendekati si polisi tidur, tarik tuas kopling lalu turunkan posisi gear/gigi ke posisi rendah (Gigi 1 atau 2) lalu tahan setengah tuas kopling supaya motor ga mati. Waktu posisi ban belakang naik ke polisi tidur usahain jangan terlalu banyak buka gas karna ini agak susah di kontrol kalo kalian masih belajar. Biarin motor lewatin polisi tidur tanpa bukaan gas, waktu posisi ban belakang mulai turun melewati polisi tidur lepas kopling sampai zona geseknya dan mulai buka putaran gas secara perlahan. Kalo kalian udah mahir kalian bisa buka gas dulu baru lepas kopling sampai zona gesek supaya motor ga mati karna rpm yang terlalu rendah. Biasanya motor akan mati kalo rpm kalian terlalu rendah di posisi jalan yang menanjak. Tapi ga akan berlaku kalo jalan yang kalian lewatin itu rata atau menurun.

- Jalanan rusak.
Sebenernya saya ga nyaranin kalian buat lewatin jalanan rusak dulu sih kalo masih belajar. Kecuali kalo kalian udah belajar selama seminggu lebih karna biasanya udah ngerti cara mainin tuas kopling. Tapi saya tulis aja deh jaga-jaga kalo kalian lagi belajar dan nyasar ke jalanan jelek wkwk
Waktu lewatin jalanan jelek yang nuntut kalian jalan pelan (Pake banget) dan kondisinya kering saya saranin buat turunin gear ke gear rendah. Gigi 2 aja cukup biasanya. Kalian ga perlu naikin gas, tarikan motor di zona gesek aja udah cukup biasanya buat jalanin motor perlahan. Jadi kalian cukup tarik dan lepas kopling aja. Kalo motor mau jalan ya lepas kalo mau tambah pelan ya tarik. Ga sulit kok 😉
Kalau kondisi jalanan banyak lubang besar usahain tahan kopling di zona geseknya sambil tambah gas sedikit waktu posisi ban belakang turun ke lubang dan lepas gas waktu mulai sampai di sebrang lubang.

- Putar balik (U-Turn)
Ga jauh beda sih, cukup tahan kopling di zona geseknya dan tambah sedikit gas.

- Tikungan
Kalau kalian nemu tikungan / belokan yang nuntut buat nurunin kecepatan kalian cukup tarik tuas kopling > turun ke gear yang kira-kira kuat buat jalan setelah lewatin tikungan > lalu tahan setengah kopling. Setelah lewatin tikungan kalian bisa buka gas lagi.

Sebenernya saya pengen bikin tutorial ini sebagai video sih supaya lebih mudah dipahami. Tapi karna ga punya action cam nya jadi diketik aja deh 😡 ada yang mau nyumbang action cam? haha 😂
Kalau ada yang mau ditanya-tanya silahkan ditulis di kolom komentar. 😊

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat buat kalian. Belajar terus dan Ride safe 😉

Related Post

Latest
Previous
Next Post »

2 komentar

Tulis komentar
Unknown
AUTHOR
8 June 2019 at 17:18 delete

Kalo posisi motor kecepatan kencang lebih baik tekan kopling lalu rem baru turun gigi. Atau tarik kopling lalu turunin gigi di imbamgi rem

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
20 July 2022 at 10:16 delete

Nah, Benar sekali. Saya setelah bertahun2 bisa motor kopling juga baru sadar. Sebenarnya, banyak orang yg ngajarin dengan cara keliru. Ya memang kebanyakan belajar otodidak seperti itu sih. Pengajarnya nggak bisa menjelaskan.

Reply
avatar