Cara Mengubah Atau Menukar Fungsi Tombol Keyboard Laptop


I.Intro
Pernah ga sih kalian main game di "laptop" dan ternyata di game tersebut butuh tombol yang ga tersedia di keyboard kamu? Contoh, kalian mau rekam game dan tombol yang harus di tekan itu tombol "Scroll Lock" sedangkan laptop yang kalian pake itu ga punya tombol Scroll Lock. Atau mungkin tombolnya rusak. Jadi, gimana? Well, here's the solution..

Sebenernya ada banyak cara buat ngubah fungsi suatu tombol keyboard, bisa lewat registry secara manual, atau dengan program tambahan. Tapi disini gue bakal pake software "Map keyboard" karna lebih mudah dan lebih kecil resikonya.

Untuk softwarenya sendiri bisa kalian download disini. > Extract ke desktop pc kalian.

II.Mapping
Sekarang tinggal mapping keyboardnya, caranya :

  1. Buka Map Keyboard.exe (Jalankannya wajib sebagai administrator, caranya klik kanan Map Keyboard.exe > Run as administrator > yes) nanti akan muncul gambar on-screen keyboard.
  2. Klik tombol yang mau dirubah fungsinya.
  3. Lihat di bagian kiri bawah on-screen keyboard di bagian "Remap selected key to:"
  4. Ubah fungsinya dengan cara klik kotak remapnya, terserah mau kalian pilih apa, mau diganti fungsinya atau dimatiin tombolnya juga bisa.
  5. Kalau sudah tinggal kalian klik "Save keyboard layout"
  6. Setelah itu kalian bakal disuruh buat relogin windows, saya saranin sih buat sekalian restart laptopnya.
Selesai, sekarang coba test tombol yang kalian ubah fungsinya. Untuk mengembalikan fungsi keyboard ke semula mudah banget kok. Tinggal buka softwarenya > Reset keyboard layout > Save. Nanti bakal kembali ke pengaturan semula. Kalo masih ada yang belum paham komentar aja. Cheers :)

Related Post

Previous
Next Post »